Yuk Pahami Etika Bisnis, Kunci Berbisnis yang Sukses

mau tau tau etika bisnis

Cara untuk bisa membangun dan membentuk nilai nilai, norma dan perilaku dalam berbisnis disebut dengan etika dalam bisnis. Dalam suatu perusahaan etika berbisnis ini dijadikan pedoman untuk melaksanakan aktivitas dalam bekerja. Dimana melakukan pekerjaan harus dilandasi dengan etika, moral, kejujuran dan profesionalisme. Mari simak ulasan berikut.

Tujuan Menerapkan Etika dalam Berbisnis

Tujuan adanya etika bisnis adalah memberikan kesadaran akan moral dan memberikan batasan kepada para pelaku bisnis supaya melakukan bisnis dengan sikap baik. Sehingga tidak akan berperilaku yang kiranya dapat merugikan banyak pihak dalam melakukan bisnis tersebut. Selain itu etika dalam berbisnis penting untuk dimiliki oleh setiap karywan dalam perusahaan.

ini adalah etika bisnis

Hal ini karena etika dalam berbisnis akan mengedepankan profesionalisme dalam bekerja. Etika dalam berbisnis juga akan mengatur dan mengarahkan para pelaku bisnis untuk meuwjudkan manajemen maupun citra yang baik dalam berbisnis. Sehingga bisnis tersebut dapat diikuti oleh semua orang yang mempercayai bahwa bisnis memerlukan etikan yang baik.

Adanya etika dalam berbisnis juga akan menjauhkan citra perusahaan dari rumor yang kotor, licik dan penuh dengan tipu daya. Ciri ciri bisnis yang memiliki etika yang baik adalah tidak merugikan pembisnis atau usaha orang lain, tidak melanggar hukum, tidak membuat suasana tidak kondusif dalam persaingan bisnis dan memiliki izin usaha yang jelas.

Manfaat Menerapkan Etika Dalam Perusahaan

Ada beberapa manfaat yang akan diperoleh dengan menerapkan etika berbisnis yang baik dalam suatu perusahaan. Etika memang sangat penting untuk dimiliki perusahaan karena akan menentukan kredibilitas perusahaan tersebut. Menerapkan etika dalam dunia bisnis ini penting untuk membuat karyawan saling mengenal satu sama lain.

Perusahaan yang menerapkan etika dalam berbisnis akan membantu untuk menghilangkan kesenjangan area pada bidang etika. Misalnya saja kesetaraan gaji, penggunaan tenaga kerja dibawah umur dan kewajiban untuk menjaga lingkungan hidup. Sehingga perusahaan memiliki batasan batasan dalam menjalankan bisnisnya.

Keuntungan yang bisa dirasakan ketika menerapkan etika dalam berbisnis adalah meningkatkan kepercayaan investor pada perusahaan. Bagi perusahan yang sudah dikenal oleh banyak investor tentu hal ini adalah peuang yang bagus untuk kenaikan saham. Etika dalam berbisnis akan membuat investor mempercayakan sahamnya pada perusahaan tersebut.

Prinsip Dasar Etika dalam Berbisnis

Ada beberapa prinsip dalam melakukan etika dalam berbisnis sehingga akan menguntungkan suatu perusahaan. Prinsip tersebut seperti memiliki kejujuran saat berkomunikasi dan bersikap. Ketika membangun suatu bisnis tentu kejujuran sangat diperlukan untuk berkomunikasi. Prinsip kedua adalah selalu mememnuhi janji dan komitemen yang teelah disepakati.

mau tau etika bisnis anda

Dengan memenuhi janji, maka para investor akan percaya pada perusahaan. Hal ini tentu merupakan suatu keuntungan tersendir bagi perusahaan. Perusahaan yang memiliki etika juga akan menjunjung prinsip integritas artinya selalu menjaga konsistensi pada pemikiran, ucapan maupun perbuatan sehingga mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak.

Prinsip etika bisnis lainnya adalah memiliki rasa loyalitas yang tinggi terhadap bisnis yang sedang dijalani. Ukuran loyalitas ini bisa dilihat dari kerja keras dan keseriusan dalam menjalankan bisnis. Selain itu anda juga aka bekerja sesuai dengan visi dan misi, serta tidak mencapur adukkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi.

Itulah penjelasan mengenai tujuan, manfaat dan prinsip dalam menjalan sebuah bisnis. Hal ini sangatlah penting untuk sebuah perusahaan karena membawa citra kepada masyarakat luas. Penting bagi anda untuk menerapkan prinsip beretika yang benar sehingga perusahaan akan mendapatkan kepercayaan dan bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*